Sungai Kayan Meluap, Data Dian Terendam Banjir

Curah hujan yang tinggi terjadi di dataran tinggi apau kayan sejak 25 Agustus 2023 mengakibatkan sungai kayan meluap. Kondisi ini mengakibatkan air sungai kayan meluap dan merendam pemukiman Desa Data Dian sejak malam. Sabtu, 26 Agustus pagi air sungai semakin tak terbendung yang merendam hampir keseluruhan perkampungan setinggi 1 meter lebih. Dari malam hingga pagi menyelamatkan diri dan sibuk mengurus barang peralatan yang dikira berharga agar tidak hanyut di bawa arus sungai kayan.


Bencana banjir dan meluapkan sungai kayan ini tergolong besar dan mengagetkan masyarakat karena dalam kurun waktu 5-10 terakhir sungai kayan tidak pernah meluap hingga merendam hampir keseluruhan kampung seperti saat ini.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun ditarsir banyak kerugian ditarsir. Selain kerugian efek kerusakan aset, kerugian lainnya adalah dalam aspek tenaga yang sudah dikorbankan untuk membuat ladang. mengingat pada saat ini masyaralat sudah membuat ladang dan mayoritas berada di sepanjang aliran sungai kayan baik ke hilir maupun ke hulu dari kampung. Mayoritas ladang masyarakat sedang memasuki periode tanam (nugal). Bencana banjir ini mengakibatkan mayoritas ladang masyarakat yang sudah di tanam padi harus di ulang kembali karena terendam banjir.


Semoga masyarakat diberi keselamatan dan kesehatan dan air merendam kampung segera surut, sehingga aktifitas masyarakat berjalan lancar seperti biasanya.

Bagikan post ini: